Selasa, 06 Oktober 2009

Tugas Individu Metode Riset ke-1

Nama : Wahyu Setiyono
Kelas : 3ea01
Npm : 11207150
Tugas Individu: Analisa Jurnal

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi

Karya: Rini Handayani
Staff Pengajar STIE Ata Bhakti Surakarta



Tugas Individu: Analisa Jurnal


Tema : Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi (SI) terhadap Ekspektasi Kinerja,Ekspektasi Usaha dan Faktor Sosial.

Perumusan Masalah
Apakah terdapat pengaruh positif signifikan ekspektasi kinerja,ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap minat pemanfaatan SI. Serta apakah terdapat pengaruh positif signifikan terhadap kondisi yang memfasilitasi pemakai dan minat penggunaan SI.

Tujuan
Penelitiaan Ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris untuk menguji variabel ekspektasi kinerja,ekspektasi usaha,dan faktor sosial terhadap minat pemanfaatan SI. Serta untuk menemukan bukti empiris untuk menguji variabel kondisi yang memfasilitasi pemakai dan minat pemanfaatan penggunaan SI.

Metodelogi
Pada penelitian ini menggunakan sistem survey untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja,ekspektasi usaha, dan faktor sosial. Terdapat lima variabel independen yang digunakan yaitu ekspektasi kinerja,ekspektasi usaha,faktor sosial,minat pemanfaatan SI dan kondisi yang memfasilitasi penggunaan SI. Serta terdapat dua variabel dependen yaitu penggunaan SI dan minat pemanfaatan SI. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan sumber data yang digunakan yaitu data primer,data yang langsung dari objek penelitian. Populasi berasal dari indutri manufaktur yang terdafta di BEJ.

Hasil
Berdasarkan bukti empiris dapat disimpulkan bahwa:
1. Ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI artinya responden yakin bahwa penggunaan SI dapat meningkatkan dan membantu kinerjanya.
2. Ekspektasi usaha mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI artinya responden merasa bahwa menggunakan SI akan membuatnya mudah dan tidak memerlukan upaya (tenaga dan waktu) yang banyak dalam mengoperasikannya.
3. faktor sosial berpengaruhi positif tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan terhadap minat pemanfaatan SI. Karena reponden beranggapan bahwa penggunaan dan pemanfaatan SI tidak akan meningkatkan status mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar