Sabtu, 14 November 2009

tugas ke2 perilaku konsumen

Perilaku Konsumen terhadap Segmentasi Pasar Khususnya Pada Produk “Susu”

Sebelum membahas perilaku konsumen terhadap segmentasi pasar yaitu pada produk susu. Ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu arti dari segmentasi pasar itu sendiri. Segmentasi pasar adalah pembagian pasar kedalam kelompok-kelompok yang homogen. Di dalam segmentasi pasar ini terdapat dasar-dasar segmentasi pasar yang meliputi aspek-aspek yang lebih mendetail lagi.
Segmentasi pasar khususnya pada produk susu biasanya berdasarkan pada aspek demografis dan aspek psikologis. Pada aspek demografis ini untuk produk susu terdapat bagian-bagiannya seperti: umur, jenis kelamin, dan pendapatan. Sedangkan pada aspek psikologis khususnya dari segi motivasinya. Perilaku konsemen biasanya menggunakan segmentasi pasar untuk mengambil keputusan dalam membeli produk susu tersebut. Serta dalam membeli produk susu biasanya konsumen menggolongkan susu dengan kebutuhan dalam segi pemakaian susu tersebut.
Pertama konsumen atau dalam hal ini masyarakat membeli produk susu berdasarkan pada golongan umur atau usia. Misalnya susu untuk bayi atau balita segmentasi pasarnya biasanya pada umur 1-5 tahun, susu untuk anak-anak biasanya segmentasi pasarnya pada usia 6-12 tahun, susu untuk remaja segmentasi pasarnya pada usia 12-17 tahun, susu untuk dewasa segmentasi pasarnya usia 17-30 tahun, susu untuk orang tua segmentasi pasarnya usia > 30 tahun.
Kedua, konsumen biasanya mensegmentasikan susu menurut jenis kelamin missal susu untuk laki-laki biasanya lebih memilih susu yang berkalori lebih tinggi dan segmentasi pada wanita biasanya memilih produk susu yang mempunyai kandungan lemak yang rendah.
Ketiga, konsumen biasanya mensegmentasikan susu berdasarkan pada pendapatan mereka misal untuk masyarakat yang mempunyai penghasilan yang cukup tinggi pasti lah mereka memilih susu yang mempunyai barand atau merk yang cukup ternama di bandingkan dengan masyarakat yang mempunyai penghasilan pas-pasan.
Selain itu, dalam mengambil keputusan dalam membeli produk khususnya susu juga didasari dari segi segmentasi psikologis seperti salah satunya motivasi. Konsumen biasanya membeli susu pastilah mempunyai motivasi untuk apakah susu tersebut dibeli seperti yang paling umum biasanya konsumen membeli susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Demikianlah, paparan dari saya mengenai perilaku konsumen terhadap segmentasi pasa khususnya pada produk susu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar