Selasa, 06 Oktober 2009

Tugas Kelompok Metode Riset Minggu ke-1

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi

Karya: Rini Handayani
Staff Pengajar STIE Ata Bhakti Surakarta

Sistem informasi(SI) pada dasarnya didefinisikan sebagai suatu rangkaian atau jaringan yang mengikat informasi baik data yang diolah atau informasi dalam bentuk apapun yang kegunaannya sangat penting bagi banyak orang di segala bidang, contohnya pada perusahaan yang dalam aktivitas perusahannya menggunakan SI. Karena kelangsungan hidup suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuannya untuk bersaing di pasar.
Kemampuan bersaing tersebut memerlukan strategi atau langkah-langkah yang dapat memanfaatkan semua kekuatan dan segala peluang yang ada di pasar, serta menutupi kelemahan yang ada dan mengurangi hambatan strategi dalam dinamika bisnis. Itu semua dapat dilakukan apabila manajemen suatu perusahaan mampu mengambil keputusan yang didasarkan pada informasi yang berkualitas. Informasi yang berkualitas itu akan terbentuk dari adanya sistem infomasi (SI) yang dirancang dengan baik.
Menurut salah satu pakar yaitu Rockart (1988) teknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting untuk menjadi senjata yang strategis dalam memperoleh keunggulan bersaing. Penggunaan SI diadakan untuk menunjang aktifitas perusahaan di smua tingkatan, oleh karena itu penggunaan SI harus diterima oleh setiap karyawan guna untuk mengahasilkan produktivitas yang besar dan berkualitas.
Dalam menunjang jalannya hal tersebut pada SI dapat digunakan dua teori yang sangat penting yaitu Theory ogf Resoned Action (TRA), suatu teori yang behubungan dengan sikap perilaku individu dalam melaksanakan kegiatan. Yang kedua Technology Acceptance Model (TAM) yang juga merupakan pengembangan dari teori TRA yang dilihat dari sisi psikologis pengguna SI itu sendiri. Penggunaan SI yang baik pada perusahaan akan memberikan dampak yang positif pada ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan pada faktor sosial.
Pada ekspektasi kerja penggunaan SI diyakini individu bawa menggunakan SI akan membantu dalam meningkatkan kinerjanya sesuai konsep yang menggambarkan manfaat sistem bagi pemakainya yang berkaitan dengan perceived usefulness. Pada ekspektasi usaha penggunaan SI akan dapat mengurangi upaya ( tenaga dan waktu) individu dalam melakukan pekerjaannya. Ada tiga konstruk yang membentuk konsep ini adalah perceived ease of use,ease of use da kompleksitas. Serta yang terakhir yaitu faktor sosial dimana pada tingkat ini seorang individu menganggap bahwa orang lain meyakini dirinya bahwa dirinya harus menggunakan sistem baru. Faktor sosial ini sebagai determinan langsung dari minat pemanfaatan SI adalah direperentasikan oleh konstruk-konsruk yang terakit, yaitu norma subjektif, faktor sosial dan image.



Desain penelitian ini adalah survey, yaitu suatu penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh ekspektasi kerja, ekspektasi usaha , dan faktor sosial terhadap minat terhadap penggunaan sistem informasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima variabel independen yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial, minat pemanfaatan SI , kondisi yang memfasilitasi pemanfaatan SI dan dua variabel dependen yaitu penggunaan SI dan minat pemanfaatan SI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu data penelitian bukan angka dan sifatnya tidak dapat dihitung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang berasal langsung dari objek penelitian, yaitu berupa kuisioner yang diberikan secara langsung kepada responden. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regresion) dengan bantuan program SPSS 11.5.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI artinya responden yakin dengan menggunakan system akan membantu dalam meningkatakan kinerjanya. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh David et al., (1989); Campeau dan Higgins (1995). Variabel Ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan SI, berarti responden akan memanfaatkan SI apabila mereka merasa bahwa SI tersebut mudah dan tidak memerlukan upaya (tenaga dan waktu) yang banyak dalam pengoprasiannya. Hasil ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh David et al ., (1989); adam (1992); iqbaria (1997); venkatesh et al (2003) yang menyatakan bahwa pemanfaatan SI mudah dan tidak memerlukan upaya yang keras meningkatkan motivasi pemakai untuk menggunakan SI dalam menyelesaikan pekerjaan. Faktor sosial mempunyai pengaruh positif namun pengaruh tersebut tidak begitu signifikan terhadap pemanfaatan SI, diman apemanfaatan SI tidak akan meningkatkan status mereka. Hasil tersebut tidak sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh venkatesh dan moris (2000). Kondisi-kondisi yang memfasilitasi pemakai terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan SI. Minat pemanfaatan SI berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap penguasaan SI, artinya bukti menunjukan bahwa responden kurang mampunyai niat atau minat untuk memanfaatkan system yang ada dalam perusahaan maka penggunaan system tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh venkatesh et al., (2003)
Dari hasil penelitian tersebut diharapan dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan yang mengembangkan SI.



Rangkuman ini dibuat oleh :
Aditya Setiawan (11207476)
Wahyu Setiono (11207150)
Yogi Sudraji (11207197)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar