Jumat, 13 November 2009

Tugas Perilaku Konsumen Ke-1

Perilaku konsumen saat Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Pengamatan di sebuah Pasar Tradisional
( Pasar GangHober)
Jakarta Pusat



Berdasarkan pada pengamatan yang saya lakukan ketika saya sedang mengunjungi sebuah pasar tradisional pada saat-saat menjelang Hari Raya Idul fitri. Dimana pada H-3 menjelang lebaran ini sebagian besar masyarakat dalam hal ini konsumen, kebanyakan dari konsumen pergi ke pasar tradisional tersebut menghampiri toko-toko barang sembako untuk membeli kebutuhan-kebutuhan pokok seperti kebutuhan sembako, mungkin kebutuhan tersebut dibeli untuk memenuhi kebutuhan mereka saat menghadapi hari raya nanti. Tetapi tidak sedikit juga konsumen yang menghampiri para penjual lainnya seperti penjual ayam potong dan daging.
Walaupun pada saat ini harga-harga dipasaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan, para konsumen ini tidak lantas mengurangi pembelian yang besar-besaran tetapi malah sebaliknya para konsumen banyak yang membeli barang secara banyak atau besar-besaran memenuhi kebutuhan mereka dan menghadapi masa lebaran ini. Kenaikan harga ini mungkin di sebabkan oleh sedikitnya para penjual dan toko-toko yang buka pada saat menjelang lebaran ini.
sedikitnya para penjual dan Pernyataan saya yang telah saya jelaskan diatas diperkuat lagi dengan pernyataan dari pengunjung pasar ketika saya tanyai. Mereka menjelaskan kepada saya walaupun harga-harga di pasar sedang mengalami kenaikan, mereka mau tidak mau harus membeli kebutuhan yang akan mereka perlukan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri ini.
Dari apa yang telah saya amati di atas dapat saya simpulkan pada saat menjelang lebaran ini permintaan pasar meningkat seiring dengan daya beli konsumen yang meningkat pula. bila dilihat dari segi para penjual di pasar tradisional tersebut, para penjual mengalami peningkat pendapatan penjualan pada saat menjelang hari raya Idul Fitri. onal tersebut, para penjual mengalami peningkataan pasar meningkat seiring dengan

Karya : Wahyu Setiyono
NPM : 11207150

Tidak ada komentar:

Posting Komentar