Jumat, 13 November 2009

Tugas Metode riset ke-3

Nama : Wahyu Setiyono
Kelas : 3 EA 01
NPM : 11207150

Tugas Individu: Analisis Jurnal
Karya Ignasius Bayu Purnomo dan Toto Sugiharto
PT. Elex media Komputindo dan FE Univ. Gunadarma

Tema : Pengembangan system informasi penjualan sebagai alat penunjang keputusan pemasaran (studi kasus di PT.X)

Identifikasi Masalah
Masalah yang terjadi adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk mengambil keputusan pemasaran dan pengolahan data pemasaran sehingga sumber daya manusia yang bertugas melakukannya tidak dapat melakukan penelitian secara lebih cepat dan inovatif untuk membantu pengambilan keputusan. Apakah penggunaan system informasi penjualan dapat membantu dalam pengambilan keputusan pemasaran perusahaan?

Latarbelakang Masalah
Beberapa orang mengira hanya organisasi berskala besar saja yang tejun dalam ekonomi yang telah berkembang yang menggunakan pemasaran. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat, karena keberhasilan yang baik dalam berorgansasi banyak ditentukan oleh aspek pengambilan keputusan pemasaran. Seperti halnya PT. X yang merupakan salah satu perusahaan penerbitan di Jakarta yang cukup besar untuk menunjang kelangsungan perusahaan mempergunakan system informasi penjualan dalam hal jaringan distribusi maupun dalam kualitas produk agar tidak tersaingi oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

Tujuan Penelitian
Berdasarkan latarbelakang permasalahan yang dihadapi oleh PT. X dalam pengolahan data penjualan, penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu system informasi penjualan yang terkomputerisasi yang berguna untuk mengolah data data penjualan menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentinagn di dalam PT. X.

Hasil Penelitian
Dari serangkaian yang telah dilakukan dalam penelitian, dapat diambil sebuah hasil penelitian yaitu penggunaan dari system informasi penjualan dapat meningkatkan kineja perusahan dalam hal jaringan distribusi dan dalam kualitas produk. Serta penggunaan system informasi penjualan dapat menunjang perusahaan dalam hal pengambilan keputusan pemasaran.


Metode Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2001 sampai dengan Maret 2002, dengan menggunakan sumber data sekunder yaitu data yang ada dalam perusahaan PT. X pada tahun 2000 sampai dengan tahun 2001. Jenis data yang yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif perusahaan PT. X, variabel yang digunakan adalah variable independen dan dependen. Populasi data ini berasal dari PT. X yang bergerak pada bidang penerbitan buku. Serta penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan system yang secara garis besar terdiri dari 3 tahap. Pertama , mendeskripsikan system yang saat ini dipergunakan. Kedua, menganalisis kenirja system dimaksud dalam menghasilkan informasi penjualan. Ketiga, berdasarkan pada analisis langkah kedua, mengembangkan system informasi penjualan baru yang terkomputerisasi. Disamping itu, digunakan pula metode komparasi dengan tujuan untuk membandingkan kinerja system manual yang lama dengan system baru yang terkomputerisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar