Sabtu, 14 November 2009

Tugas Metode Riset Ke-2

Nama: Wahyu Setiyono
Kelas: 3 Ea 01
NPM: 11207150

ANALISIS PERILAKU DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RESTORAN
MELALUI STIMULUS 50% DISCOUNT DI SURABAYA

Karya: Hatane Semuel
Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra - Surabaya
Email: samy@petra.ac.id
Annette Veronica Kosasih, Hellen Novia
Praktisi Bisnis dan Alumni Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra - Surabaya

Masalah Penelitian :
Apakah ada pengaruh positif signifikan dari diberikanya stimulus discount 50% terhadap prilaku pengambilan keputusan pembelian konsumen?

Latarbelakang Penelitian :
Begitu banyaknya usaha ritel besar maupun kecil yang tumbuh secara cepat. Hal ini menjadikan bisnis didunia ritel menjadi semakin ketat. Jika sudah begini maka perusahaan harus mampu membuat strategi pemasaran atau penjualan perusahaan. Slah stu strategi penjualan yang sering digunakan oleh beberapa ritel restoran adalah dengan srategi “50% discount” . strategi ini biasanya dilakukan sebagi bentuk kerjasama dengan bank tertentu, khususnya pada bagian produk kartu kredit sebagai promosi restoran dan bank yang menjual kartu kredit.

Tujuan penelitian :
Bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.

Metode penelitian :
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif kausal dimana variabel bebas dalam penelitian ini adalah faktor-faktor perilaku konsumen yang terdiri dari (1) variabel sosial, (2) variabel psikologikal, (3) varaibel personal, dan (4) variabel culture, sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Obyek penelitian adalah restoran yang mengadakan program “50% discount”. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua konsumen restoran yang berdomisili di Surabaya. Sampel yang dipilih melalui dua tingkat (two stage). Pada tingkat pertama memilih restoran yang menjalankan program 50% discount secara random dan tingkat kedua memilih responden secara tidak random (non probability), yaitu didasarkan pada judgmental sampling (sesuai dengan kemudahan mendapatkannya). Solimun (2005, p.57) menyatakan bahwa besar sampel yang disarankan untuk penggunaan analisis SEM, adalah minimum 100 sampel. Untuk itu dalam penelitian ini dipilih sampel sebanyak 100 konsumen yang tersebar pada restoran terpilih. Karena Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis hubungan kausal antara variabel independen dan dependen, sekaligus memeriksa validitas dan reliabilitas instrumen penelitian secara keseluruhan. Oleh karena itu digunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan paket program AMOS (Analysis of Moment Structure) versi 4.0.

Hipotesis Penelitian:
- H1 : Faktor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
- H2 : Faktor personal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
- H3 : Faktor psikologikal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
- H4 : Faktor kultural berpengaruh positif terhadap

Hasil penelitian :
Hasil Penelitian yang telah didapatkan setelah penganalisisan sebagai berikut:
- Terdapat dampak stimulus program “50% discount” terhadap variabel perilaku pembelian psikologikal dan sosial terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini ditunjukan dengan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel psikologikal dan social terhadap variabel keputusan pembelian, sehingga hipĆ³tesis H1 dan H3 dapat terbukti dalam penelitian ini.
- Tidak ada dampak program “50% discount” terhadap Variabel culture dan personal terhadap keputusan pembelian konsumen..Artinya hipĆ³tesis H2 dan H4 tidak dapat dibuktikan melalui data sampel penelitian .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar