Selasa, 29 Desember 2009

strategi para vendor Hp baru dalam menghadapi persaingan

STRATEGI VENDOR HP BARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

Persaingan para vendor hp khususnya para vendor pendatang baru seperti Gstar, Nexian, Imo, dan D-one di akhir tahun 2009 ini ternyata tidak main-main. Menghadapi para vendor yang sudah ternama seperti Nokia, Samsung, Motorola dan Sony Ericsson yang sudah lebih dahulu eksis tentunya tidak mudah dan tidak gampang. Nama-nama besar saja yang sudah terlebih dulu terjun dalam pasaran seperti Panasonic,Alcatel, dan Mitshubisi saja tidak bisa menggaet pangsa pasar yang ada, alhasil sampai saat ini vendor-vendor tersebut hilang entah kemana. Tetapi lain ha dengan para vendor baru yang saat ini baru mulai masuk ke pasaran Hp Indonesia mereka seakan-akan mendapat angin segar untuk lebih memasuki lagi pasaran Hp Indonesia, karena mereka berhasil menggaet pangsa pasar yang ada walaupun hanya sebagian kecil dengan stratergi-strategi yang vendor tersebut lakukan. Lalu strategi bagaimanakah yang dilakukan para vendor tersebut??

Mengadakan fitur-fitur yang unik
Walaupun Hp vendor-vendor baru di usung oleh pabrikan asal cina. Tapi itu tidak bisa dipandang sebelah mata saja. Dengan harganya yang murah dan kualitasnya tidak terlalu jauh dengan para vendor yang sudah ternama, ternyata telah membuat para konsumen tertarik untuk memakainya, ditambah lagi dengan keadaan ekonomi yang saat ini mulai sulit. Dengan keadaan tersebut para vendor Cina berhasil mengambil perhatian konsumen Hp di Indonesia. Tidak hanya dengan mengandalkan harga yang murah tersebut, Vendor-vendor Cina ini juga menampilkan fitur-fitur unik yang baru untuk ditawarkan kepada para konsumen seperti Tv Analog dan Dual On Sim Card. Dengan berbekal fitur unik tersebut pabrikan Hp Cina tersebut dapat menarik perhatian pangsa pasar yang ada.

Memanfaatkan Trend yang sedang berkembang
Setelah berhasil mencuri perhatian lewat fitur-fitur unik yang ditawarkan tersebut, para vendor tersebut seperti Nexian, Gstar dan yang lainnya ternyata tidak berhenti sampai di situ aja. Dengan ternd facebook dan Blackberry, para vendor ini mengeluarkan juga Hp yang berbentuk QWERTY. Hal inilah yang membuat para vendor baru makin menarik perhatian para konsumen Hp yang ada di Indonesia

Fitur-fitur unggulan untuk segmen bawah
Fitur GPRS,WAP dan Bluetooth dulu mungkin hanya di dapat di Hp yang kelas menengah saja. Namun sekarang dengan harga Rp. 500ribuan saja kita sudah dapat menikmati fasilitas fitur tersebut. Begitu pula dengan fitur yang lainnya seperti kamera dan MP3. ternyata dengan strategi ini cukup ampuh juga untuk menarik perhatian para konsumen Hp di Imdonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar