Minggu, 27 Desember 2009

Teknologi Televisi di tahun 2010

Perkembangan Inovasi Model-Model Televisi di Tahun 2010 mendatang.

Pada saat ini begitu banyak model-model televisi yang ditawarkan oleh para produsen-produsen televisi. Cobalah anda sambangi atau kunjungi toko-toko yang menawarkan produk televise, begitu banyak model televise dengan berbagai teknologi. Mulai dari televise bentuk tabung, LCD, sampai yang sepeti saat ini yang lagi trend yaitu televise model plasma.
Banyak pakar yang mengatakan bahwa dunia teknologi khususnya televise tidak akan berhenti berinovasi dan akan lebih menawarkan lagi televise dengan teknologi terbarunya. Berikut adalah mungkin beberapa teknologi televise yang akan ditawarkan pada tahun 2010 mendatang menurut dari beberapa sumber yang saya dapatkan:
1. Televisi dengan cahaya latar LED
Selama ini cahaya latar televisi hanya didominasi oleh CCFL atau panel lampu pijar atau tabung. Namun teknologi ini lebih boros dibandingkan oleh LED karena memakan banyak listrik yang diperlukan. Selain itu kedalaman cahaya LED lebih tinggi dibandingkan oleh CCFL serta LED ini akan lebih ramah lingkungan.
2. Angka Refresh 240 HZ
Televise berdiefinisi tinggi awalnya mempunyai angka refresh 60HZ. Kemudian lahir 120 HZ dan barulah lahir televise yang 240 HZ. Perbedaan antara televise 120 HZ dan 240 HZ sebetulnya tidak seberapa hanya berbeda layar pada saat digunakan bermain game yang mempunyai resolusi dan kecepatan yang cukup tinggi. Seperti contohnya Sony yang meluncurkan produk Bravia XBR9.
3. TV internet
Pada tahun 2009 sebenarkan Sony telah meluncurkan produknya Bravia XBR9 dengan layanan TV internet. Untuk tahun 2010 mungkin akna lebih banyak lagi vendor-vendor Tv yang akan menawarkan Tv internet. Dengan Tv internet tersebut kita akan bisa mengakses data-data yang kita perlukan melalui internet.
4. Resolusi > 2160p
Ini adalah resolusi leboh tinggi dibandingkan 1.080p dan 720p. angka ini bisa menampilkan resolusi 3840 x 2160p. disamping itu, layar kan lebih jernih dalam kualitas gambar yang dihasilkan dan bisa memecah layar menjadi 4 layar yang masing-masing memiliki resolusi 1080p.
5. Makin Tipis
Televisi OLED diperkirakan bisa menggantikan LCD. Pasalnya televise OLED lebih menghemat listrik lagi, lebih tipis dan bahkan bisa digulung.
6. TV Laser
Ini adalah kategori baru dari televise bernama televise proyektor,yang tak membutuhkan layar kaca, melainkan dengan pancaran sinar laser untuk menayangkan gambar. Beberapa produk ini sudah bisa mwnampilkan gambar 3D.
7. 3D
Lahirnya spesifikasi baru dari blue ray disc association akan mendorongmakin luasnya pemakaian 3D pada panel LCD, plasma dan OLED. Memang detail khususnya belum dipastikan tetapi spesifikasi ini membutuhkan kacamata 3D
8. Ramah Lingkungan
Isu ini akan semakin digarao serius oleh para pendesain teknologi televise yaitu membuat dan meluncurkan material televise yang bebas racun seperti merkuri . tujuannya adalah mencapai standar ebergy star 4.0 atau RoHS di Negara-negara eropa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar