Kamis, 13 Mei 2010

Tugas ke 2

Contoh Paragraf Generalisasi, Analogi dan kausal
Paragraf Generalisasi

Dalam piala Thomas dan Uber Cup 2010 pada kejuaran bulutangkis yang berlangsung di Malaysia, tim Uber Indonesia sangat dipandang sebelah mata oleh banyak kalangan bulutangkis tanah air. Dalam kenyataan dengan hasil yang dicapai beberapa hari kemarin tim Uber Indonesia dapat melaju mulus di babak penyisihan kejuaraan tersebut sampai melaju ke partai semi final. Ini membuktikan bahwa tim tim Uber Indonesia dapat diandalkan merebut juara Uber Cup tersebut.

Paragraf Analogi

Cinta itu ibarat bunga. Jika kita memberikan perhatian dan kasih sayang kepada seseorang yang kita cintai maka cinta akan tumbuh dan bersemi. Seperti halnya bunga, jika kita merawat bunga dengan penuh kasih sayang maka bunga tersebut akan bersemi dan mekar.

Paragraf kausal

Seharusnya Indonesia telah menerapkan Negara kesejahteraan sejak awal kemerdekaan. Program Jamsostek baru dimulai pada 1976 sehingga Indonesia tertinggal membentuk tabungan nasional. Padahal, Malaysia sudah memulainya sejak 1959. Akibatnya, saat krisis melanda Asia pada 1997/1998, Indonesia paling sulit untuk bangkit lagi. Oleh karena itu, Indonesia perlu melakukan reformasi penyelenggaraan program jaminan sosial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar